Senin, 28 April 2008

    1. Teori Belajar Konstruktivisme

Teori belajar konstruktivisme adalah sebuah teori yang memberikan kebebasan terhadap manusia yang ingin belajar atau mencari kebutuhannya dengan kemampuan menemukan keinginan atau kebutuhannya tersebut dengan bantuan fasilitasi orang lain.

Sehingga teori ini memberikan keaktifan terhadap manusia untuk belajar menemukan sendiri kompetensi, pengetahuan, atau teknologi dan hal lain yang diperlukan guna mengembangkan dirinya sendiri.

Dari ketiga teori belajar di atas terdapat hal menarik yang perlu kita perhatikan, yaitu akar filosofis ketiga teori tersebut di antaranya ada yang berakar pada hasil filsafat materialisme, yaitu teori belajar behaviourismenya Pavlov dimana manusia memiliki kesamaan yang mutlak dengan hewan untuk dibiasakan memiliki kemampuan tertentu atau untuk dididik dengan cara tersebut.

Kemudian, usaha Idealisme dalam konsep teori belajar Kognitivisme sepertinya merupakan sebuah aliran pendidikan yang juga memiliki kaitan filosofis dengan filsafat Materialisme dimana kekuatan akal atau pikiran dijadikan satu-satunya objek pendidikan.

Sedangkan Humanisme pada teori belajar Konstruktivisme membawa manusia untuk bisa menjadikan teori belajar ini bisa digunakan untuk mendidik manusia dengan merdeka, meski belum diketahui betul apakah ada kaitan dengan aliran filsafat pendidikan tertentu. “Benarkah naturalisme ?”. (Pertanyaan alternatif).

Akan tetapi yang lebih penting kita cermati dari pembelajaran dengan menggunakan teori belajar yang dirumuskan para ahli barat di atas perlu diambil hal-hal yang baiknya saja agar kita bisa melakukan inovasi untuk pelaksanaan sebuah pembelajaran yang dirumuskan menjadi sebuah konsep yang aplikatif dan efektif bagi penyelenggaraan pendidikan yang manusiawi.

Demikianlah tiga teori belajar yang terkenal di atas. Bisa digabungkan atau dibuat sebuah tori baru. FYI : teori belajar yang baik harus dapat membelajarkan manusia seutuhnya meliputi pembelajaran ruhani (hati), akal (pikiran) dan jasmani (tubuh/jasad).

Tidak ada komentar: